Monday, December 10, 2012

Skripsi Lagi-Lagi Skripsi-Lagi-Lagi Skripsi

Hai guys! Hahaha sapaan ala on clinic abis.

Gue pengen curhat. Ini serius. Gak nyangka ya ternyata sekarang udah jadi mahasiswa tingkat akhir di kampus (sebenernya sih nyangka, cuma buat mendramatisir aja). Seberapa jauh gue udah berguna bagi orang banyak, minimal diri gue sendiri ya? Rasa-rasanya ada yang kuraaaaang mulu. Mungkin ini wajar, namanya manusia bukan hal yang mudah untuk mencari titik kepuasaan. Tapi sejauh pengamatan dan perenungan serta semedi yang mendalam, kok ya gue berasa masih gini-gini aja gitu loh.

Gue sering lihat temen-temen yang aktif di organisasi atau aktif ber-enterpreneur, mereka sepertinya punya pencapaian tersendiri dalam kehidupan mereka, especially di dunia kampus. Mereka ada semacam yang dibanggain walaupun gue tau gak semuanya suka nunjukin apa pencapaian mereka itu. Kenapa gue berpikir gini, naif memang. Apa gue bisa yang seperti mereka? Apa yang bisa gue lakuin dan bisa banggain diri gue sendiri. Lebih tepatnya "apa sebenarnya yang bisa dibanggain dari diri gue?"

Gue tahu ini berat. Sejauh ini kayaknya gue lebih banyak berfoya-foya tanpa ada planning ke depan. Rencana jangka panjang ada tapi kok ya kayak gak ada effort dari diri gue sendiri untuk tau step-by-step yang harus gue jalani. Apa gue terlalu santai menikmati hidup? Apa emang gue udah terlalu nyaman dengan hidup yang kayak gini? Pikiran-pikiran ini selalu muncul saat sendiri, susah ngungkapin apapun di depan banyak orang.

Semester tujuh bakal lewat sebentar lagi. Bahkan rencana jangka pendek pun belum gue create. Hidup macam apa ini? Semester 8 bakal freak sama skripsi. Dan how aboout it? Jawabannya: Nothing I've prepared. Skripsi di depan mata, tapi kenapa gairah buat ngerjainnya belum ada ya. Passion itu sama sekali belum kelihatan. Apa harus mengebom pola pikir dulu? Tapi pake apa? Siapa yang mau ngelakuinnya?


Skripsi sudah di depan mata. Kata dosen pembimbing,"Kamu gak usah terlalu mikirin skripsi. Skripsi itu jangan dibikin pusing. Jangan terlalu sulit nentuin topik dan metode. Yang penting analisis dan pembahasannya sesuai dengan metode yang dipake." Oke, terima kasih, Pak.

Itu aja sih, gue aja gak ngerti apa yang sebenernya gue curhatin. Pokoknya itu deh...

No comments:

Post a Comment