Wednesday, December 12, 2012

Gak Perlu Dibaca...

"Bagaimanapun ini adalah soal produktivitas," demikian kata-kata muncul di benak gue.

Apa itu produktivitas? Apa yang gue pikirin sebenernya? Kenapa kata-kata itu sering banget berseliweran di otak gue?

Sepertinya gue sedang mengalami sebuah complicated-relationship dengan sebuah kata "productivity". Entahlah, semakin bertambah umur dan perkembangan pola pikir yang orientasinya juga semakin rumit, kayaknya makin banyak tuntutan pada diri sendiri. Belum lagi tuntutan dari orang lain, bahkan makhluk lain. Pernah gak sih lo, ngerasain gimana rasanya memikirkan masa depan? Gak tau deh, apa ini?

Kadang berpikir skeptis jadi titik temu yang cenderung ke arah pelarian diri dari kenyataan.

Di satu titik, memikirkan masa depan seringnya selalu yang indah-indah, bahagia, bisa punya ini-itu, dapet itu-ini, pergi ke sana-situ-sini dan sebagainya. Tapi di sisi lain, orang kedua dalam diri gue mengkontra,"Apa lo yakin dengan masa depan lo itu? Apa yang udah lo lakuin untuk bisa mencapai semua itu, sekarang?"

Jleb! Produktivitas, akhirnya bertolak ke kata satu itu. Bagaimana produktivitas gue saat ini? Kayaknya lo lebih banyak ngabisin duit daripada 'muterin' duit deh? Seberapa banyak yang udah lo lakuin buat sekitar lo? Yaampun, kayaknya semakin rumit.

Memikirkan pemikiran yang sudah seharusnya dipikirkan sehingga bisa membuat pikiran selalu kepikiran itu memang bukan sesuatu yang menyenangkan. Banyak orang bilang kontraproduktif.

Dadaaaah...

No comments:

Post a Comment