Wednesday, September 5, 2012

Tahu Gak, Ada yang Namanya Taman Lampion Monjali?

Salah satu lampion di Taman Lampion Monjali
Selalu telat ngepost! Telat...telat...telat. Kenapa kata-kata itu gak bisa jauh dari hidup gue? Sederhananya postingan ini, harusnya udah dari kemarin-kemarin gue post di 123Persen! tapi baru juga sekarang bisa nongol gitu aja.

Ini tentang liburan, jadi topiknya gak berat-berat kayak biasanya. Hahaha. Dan emang gak jauh-jauh dari postingan sebelumnya, tentang Jogja. Ya, minggu lalu gue masih di Jogja, ceritanya sih liburan. Tepatnya tanggal 27 Agustus 2012 pukul 15.00 WIB gue sampe di Jogja dan langsung nyari temen gue di sana buat numpang nginep. Alhasil dapet deh satu sohib gue dari jaman SMP dulu yang bersedia nampung makhluk macam gue buat numpang tidur di kosan istananya.

The journey begins! Malemnya gue langsung calling cewek yang ngakunya super keci dan kiyut dengan nama yang cukup bombastis, Ciwulsky. Who's her? Sabar...ntar juga gue ceritain. Lanjut, tadinya sih sempet bingung mau jalan kemana malem-malem gini. Muncul deh alternatif destinasi night trip kami, yaitu antara ke Malioboro, Langensari, Tugu Jogja atau Taman Lampion di Monjali. And the choice fell on Taman Lampion Monjali dengan pertimbangan gak jauh-jauh amat deh kayaknya dan sewaktu memutuskan itu, gue belum sempet ngebayangin seperti apa bakal tempat itu.


Singkatnya, sampai deh kami di Taman Lampion Monjali dengan sedikit tergesa karena si cewek keci satu itu ternyata sedang menahan HIV-nya (re: hasrat ingin vivis, maap alay...doi juga yang ngajarin). Oke lanjut aja ya, gak enak nulisnya.

Masuk ke area taman yang ternyata memang masih satu komplek dengan Museum Jogja Kembali (Monjali) yang terkenal itu, kita disuguhi dengan pemandangan lampion-lampion warna-warni dengan aneka bentuk yang artistik. Ada bentuk tokoh-tokoh kartun seperti spongebob, patrick, winnie the pooh, hello kitty, micky mouse, bentuk hewan, hantu dan bentuk-bentuk abstrak lain. Tidak cuma itu loh, ada wahana lain yang menarik untuk dicoba seperti becak kecil, sepeda, perahu kayuh, atv, dan rumah hantu. Si Ciwuls ini udah sensi aja denger suara-suara dari rumah hantu itu, diajakin masuk mana berani dia.

Oiya, ada juga music corner yang selalu menyuguhi pengunjung dengan lagu-lagu yang...ehm cukup menghibur sebenernya tapi kalo gue sendiri kurang bisa menikmati. Dan lagi, kalo boleh komentar, sebenrnya konsep taman lampion ini bagus sebagai wahana wisata yang mendatangkan uang. Tapi tempatnya di sebuah monumen yang notabene merupakan salah satu warisan sejarah. Jadi, dari segi maintenance harus lebih ekstra diperhatikan. Misalnya nih, gue gak ngebayangin gimana suasana Monjali di siang hari dengan banyaknya lampion-lampion ini. Okelah kalo terawat, tapi beberapa dari lampion ini terlihat rusak dan jika siang hari kayaknya kelihatan kumal deh. Dan ini juga merupakan tanggung jawab bersama antara pengelola dan pengunjung. Tapi tentunya pengelola harus lebih ekstra dalam menangani fenomena ini. Untuk kemaslahatan bersama kan?


Lanjut deh, petualangan kami di Taman Lampion gak cuma sampe di situ aja. Kami berkeliling ke seluruh area taman buat nyari spot foto yang menarik dan artistik. Bahkan, untuk mendapatkan spot tersebut si ciwulsky ini harus bersusah payah memanjat dinding dan hasilnya...gak mengecewakan kok. Setelah puas berfoto di area dalam taman, kami keluar karena kata cewek yang katanya nama aslinya 'taylor swift' ini, ada spot foto yang menarik di luar, yaitu replika Tugu Jogja. Yeay! Kami foto di sana beberapa kali. Belum sempat foto di Tugu yang aslinya gak apa, tapi bisa dong foto di replikanya dulu. Hehehe.

Makin malam makin dingin, kami masih sempat ngobrol-ngobrol ngalor-ngidul di depan food court area (tanpa makan atau minum apapun). Tempatnya emang cukup asik juga buat ngobrol dan kunjungan keluarga cocok banget. Menjelang pulang, berhubung jam malam cewek kiyut ini sampe pukul 10 malem, gue baru mikir...kayaknya kebanyakan pengunjung yang dateng itu anak-anak ya. Dan wahana yang ada juga sebagian besar buat anak-anak. But the point is, gak masalah aja kami 'yang sudah bukan anak-anak lagi' main-main ke tempat wisata anak-anak. It's fun and none can stop us! Hahaha. 

Belum sempat foto sama Tugu yang asli, replikanya dulu deh..

Kami pulaaaaang...


PS:
Ciwulsky itu cewek yang ngakunya gaul tapi sebenernya alay. Ngakunya kiyut padahal enggak, ngakunya cantik padahal ehm...tau sendiri lah ya. Hahaha. Dia mahasiswa KG UGM yang masih dianggep anak SD sama mantan guru SD-nya. Rumahnya ada di dalam labirin yang terhubung dengan sebuah goa melalui portkey. Dan yang pasti dia fans fanatik gue. Yah...itulah makhluk satu itu. =))

PS: 2
Ini baru hari pertama gue liburan di Jogja loh...lagi males nge-post, besok lanjutin lagi deh.

No comments:

Post a Comment