Wednesday, October 26, 2011

Mulailah Berpikir . . .

Jika kita membahas sesuatu yang bermakna dalam hidup, tentu akan memunculkan banyak pernyataan dalam menyikapinya. Kita bisa mengeluarkan berbagai analogi kesimpulan terhadap hal tersebut. Bagi kaum seperti saya, yang awam akan ilmu dan pengetahuan, mungkin hal itu tidaklah begitu penting mengingat bahwa seberapa banyak yang bisa kita hasilkan ketika hal itu menjadi kenyataan yang tidak terelakkan.

Namun, lain halnya jika hal tersebut menjadi subjek kajian beberapa kaum scientist, filosofis dan para oemikir lainnya. tentunya akan menjadi penafsiran berbeda dalam menyikapi dan menjawab pertanyaan siapa yang bermakna dalam hidup kita. Muncul pernyataan yang mungkin lebih tepat sanggahan terhadap pernyataan pertama. Seharusnya bukan 'siapa' tapi 'apa', sehingga akan menjadi 'apa sebenarnya yang bermakna dalam hidup kita?'

Keduanya bagi saya bukan masalah karena yang menjadi perhatian bagi otak kecil saya adalah cukup berpikir sederhana tanpa mengesanmpingkan aspek kritis dalam melihatnya. Bagi saya, melihat fenomena sekarang ini sulit untuk mengatakan bahwa masih ada sesuatu yang benar-benar bermakna dalam hidup kita. Bisa dilihat bagaimana media sekarang ini begtu menggembor-gemborkan sesuatu yang begitu absurd bagi pikiran sebagian orang awam seperti saya. Bagaimana tidak, karena untuk orang-orang awam apalah artinya pemberitaan tentang kosrupsi, reshuffle kabinet, carut marut freeport yang hanya dirasakan segelintir orang, dan fenomena absurd lainnya. Bagi mereka yang lebih penting adalah bagaimana tetap survive di tengah keadaan bangsa yang begitu terpuruk sekarang ini.

Cukup riskan memang ketika saya membicarakan hal-hal sensitif demikian di ranah publik. Akantetapi, sampai kapan kita, makhluk hewan politis yang katanya paling sempurna, terjebak dalam kungkungan tempurung yang begitu besar, bangsa sendiri?

Mulailah berpikir . . . Apa yang benar-benar bermakna dalam hidupmu?

No comments:

Post a Comment