Tuesday, September 24, 2013

Tamansari: The Mainstream but Epic Tourism Destination in Jogja

Tamansari, Jogjakarta
Bingung gue, serius gue bingung mau ngawalin travelpost ini kayak gimana. Mmm…pas sih sama persis kayak waktu itu mau berkunjung ke tempat yang mau gue review ini. Persis bingungnya. Iya, bener. Berawal dari kebingungan mau berkunjung ke mana lagi setelah hari sebelumnya juga udah cukup jauh ngebolang sampai ke selatan Jogja sana. Kemudian selanjutnya pun pada akhirnya, kepikiran juga di kepala.

“Gimana kalo ke Tamansari, kan nggak jauh-jauh amat tuh masih dalem kota?”, usulku saat masih di rumah Ciwul.

“Boleh juga, capek juga kalo mau caw jauh lagi,” si partner menimpali.

“Oke, jadi fix ya nanti ke Tamansari.”

Tamansari jadi destinasi selanjutnya dalam kunjungan gue ke Jogja kala itu. Tempat ini emang sudah sangat mainstream buat para wisatawan, baik lokal maupun interlokal (???). Memang biasanya sudah menjadi satu paket kunjungan wisata di Jogja, selain Keraton dan atau Monjali serta Malioboro pastinya.

Di poin inilah, gue merasa katrok sekatrok katroknya orang katrok. Umur gue sekarang udah..mmm, ya cukup berumur lah, dan belum pernah sekalipun ke Tamansari. Iya, belum pernah, kenapa? Alasannya sederhana kok. Pertama, udah kemakan omongan dan predikat “mainstream” pada destinasi satu ini sehingga jadi males mau ke sana. Kedua, di bayangan gue tempat ini kok nggak ada menarik-menariknya ya. Halah palingan kayak keraton doang, ngebosenin. Ketiga, nggak ada temen yang dari dulu mau kalo diajakin atau ngajakin ke tempat ini. Mungkin ya karena itu tadi, udah mainstream dan nggak menarik. Gimana? Alesan gue diterima kan? Nggak katrok katrok amat gue sebenernya.  

Dan akhirnya momen itu datang juga. Dengan seencrit inisiatif dari jiwa traveling sejati gue (ehem…), akhirnya terlontar juga ke partner yang notabene wong jogja buat ngajakin ke Tamansari. Gue yakin doi udah sering ke sana, tapi sama gue kan belum. Dan gue yakin kunjungan kali ini pasti bakal berkesan, karena berdua gitu kan. Bisa saling berbagi, cerita dan cinta tentunya (teteeep…). Gue bener-bener beruntung karena si partner meng-acc ajakan gue. Woo hooo…

Lalu kemudian selanjutnya, gue mau jujur, buat nulis travelpost ini juga minim referensi karena pasti udah banyak banget review tentang Tamansari di berbagai portal dunia maya sana. Pertama masuk ke area Tamansari ini, kita akan melewati pintu masuk yang biasa aja tapi khas gitu deh. Khas keraton Jogja banget maksudnya, tembok pagar yang tebal. Karena kami naik motor, begitu masuk area Tamansari langsung belok ke kanan menuju parkiran.

Di area kolam Tamansari, tempat mandinya istri-istri Sultan nih...
Ya begitulah penampakan dari Tamansari itu. Menurut sumber yang sangat dipercaya (baca: kata Ciwul), dulunya Tamansari ini adalah tempat pemandian permaisuri dan selir-selir keraton Ngayogyakarta. Iya, bini-bininya Sultan gitu katanya. Emang iya sih, di dalem Tamansari ini ada tiga kolam yang, wah keren juga ya. Di jaman segitu, udah kepikiran bikin kolam renang kayak gitu. Sebuah bukti kemajuan peradaban Jogja pada masa itu. Sistem pengairan yang luar biasa rumit pastinya pada masa itu. Kalo arsitekturnya hidup di jaman sekarang, gue yakin tuh gajinya gede banget dan bakal masuk di programnya Komp*s TV yang judulnya “World’s Greatest Architecture” gitu deh. Tapi di jamannya Sultan gitu, si arsitek dapet gaji apa ya?

Terus, tiga kolam ini dipisah-pisah gitu, yang dua sih agak menyatu cuma dibatesin sama jalan lurus gitu, tapi yang kolam yang ketiga dibatesi semacama bangunan yang kayak menara pengawas gitu. Nah, menara ini yang ternyata dulunya dipake oleh Sultan buat “nontonin” istri-istrinya yang lagi pada mandi gitu. Enak banget ya hidup Sultan? Demen ngintip gitu. Mmm…tapi istrinya sendiri sih, jadi ya sah-sah aja ya? Sah. Buat naik ke bagian atas menara itu tersedia tangga memutar. Sampai di bagian atas, ada jendela yang dipagari teralis dari kayu gitu. Di situ berbentuk ruangan empat sisi dengan jendela di ketiga sisinya. Sayangnya, kondisinya sekarang mengenaskan. Banyak tangan-tangan jahil yang usil sok eksis tapi menjijikan, mencorat-coret dinding dan jendela ruang itu. Arrh..rese banget emang. Padahal gue yakin, kalo bersih dan lebih terawat lagi, pasti bangunan itu bakal lebih eksotis lagi. Semoga Balai Pelestarian Cagar Budaya setempat segera punya inisiatif buat mengkoservasi bangunan ini dari tangan-tangan jahil itu deh. Dan buat para pengunjung yang budiman-budiwati, plis ya kan katanya bangsa yang besar itu bangsa yang menghargai sejarahnya (nggak cuma pahlawannya..). Inget “Jasmerah” kan? Jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena dari sanalah kita bisa belajar dari masa lalu, bisa memetik setiap pelajaran hidup yang begitu besar dan bermakna. Masa, cara menghargainya dengan sok eksis nyorat-nyoret tembok gitu. Nggak oke banget bener deh, malah kesannya kampungan gitu.

Padahal ya udah ada ini...hmmm.
Di area Tamansari ini, kita juga bisa menemui lorong-lorong bawah tanah yang akan membawa pengunjung menuju masjid kuno gitu. Ya, masjidnya ada di bawah tanah. Dulunya, area sekitar Tamansari ini kan parit-parit gitu ya, nah kalo air di parit-parit ini dialirkan gitu dan bagian atas mesjidnya itu ditutup (sekarang terbuka..), maka masjidnya itu bakal berada di bawah air. Kurang keren dan epic apa lagi coba? Mahakarya sejarah yang luar biasa. Jadi, masjid itu bisa terkamuflase sebagai bunker perlindungan dari musuh juga. Cuma satu kata…WOW!

Nggak jauh dari masjid itu, ada benteng pertahanan yang sekarang keadaannya udah mengenaskan gitu. Kayak tinggal menunggu keruntuhannya aja tuh benteng. Emang rupanya yang udah tua gitu dan bekas-bekas reruntuhan karena pemboman dari pihak musuh tempo dulu masih bisa terlihat. Atap-atap benteng yang melengkung dan sudah runtuh terkena bom menjadi saksi betapa gencarnya perlawanan musuh pada tentara keraton.beruntungnya, sisi tembok yang begitu tebal bisa menjadi penghalang yang efektif sehingga fungsinya sebagai benteng tetep keren abis lah.

Reruntuhan benteng pertahanan.
Area sekitar Tamansari yang tadinya parit itu,
kini jadi perkampungan warga dan ada yang namanya Kampung Cyber.
Di reruntuhan benteng itu, gue bareng si partner nyobain berbagai pose foto yang…mmm, eksotis gitu. Susahnya bukan main, tapi lagi-lagi hasilnya ya cukup memuaskan. Pengalaman pertama gue ke Tamansari sangat mengesankan deh. Apalagi di sana ada sesi pemotretan prewed gitu deh kayaknya. Emang area Tamansari ini juga udah mainstream buat foto-foto prewed gitu. Kalo gue sama Ciwul udah ngumpulin banyak kok koleksi foto prewed, tinggal di-compile aja besok, pada momen yang paling tepat. Hehehe….

Buat closing...lagi-lagi-lagi...happ!

No comments:

Post a Comment