Tuesday, September 24, 2013

Gembira Loka “Not Secret” Zoo: Kebun Binatang Punya Jogja

Welcome to GL Zoo!
Saat pergi ke suatu tempat atau kota, paling nggak kepikiran di benak gue adalah ngunjungin kebun binatangnya. Nggak tau kenapa ya, nggak minat gitu sama yang namanya kebun binatang. Dari namanya aja kok rada nggak masuk akal gitu, pikir gue. Kebun binatang, itu tuh absurd nggak sih? Kebun ya kebun gitu aja sih, isinya ya tumbuhan, taneman, bunga-bunga, pohon-pohon, sayur-sayuran, buah-buahan dekaka. Lah ini, kebun binatang. Jadi, kebunnya binatang apa kebun yang isinya binatang? Ah sabodo deh. Sering gue mikir gitu, makanya nggak tertarik sama kebun binatang. Tempatnya pasti absurd, gitu.

Percaya atau nggak, ternyata selama ini mindset gue salah lagi. Kebun binatang atau istilah kerennya “zoo” gitu jauh dari ekspektasi gue selama ini. Apalagi setelah si pacar ngajakin berkunjung ke Gembira Loka, kebun binatang di Jogja. Ternyata tempatnya nggak seabsurd di pikiran gue. Di sana juga banyak pohon, hijau-hijau-hijau dan hijau. Tempatnya juga nggak kaku atau terlalu njelimet. Dari pantauan mata gue sih, Gembira Loka ini tampilannya sederhana, green dan usefull. Yang jelas, nggak ada binatang yang gue lihat merasa terkungkung gitu.

Sudah bukan rahasia lagi kalo Gembira Loka juga merupakan salah satu agenda wisata wajib saat pengunjung datang ke kota Jogja. Tempatnya yang cukup strategis, adem dan memanjakan mata dengan sejuknya hutan dan air danau gitu, tentunya semakin memudahkan dan mengundang pengunjung dari berbagai lapisan usia untuk datang.

Area kebun binatang Gembira Loka
Selain binatang-binatang yang jumlahnya sangat banyak, di Gembira Loka ini pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana alternatif, seperti Kapal Katamaran (10k-20k), Gajah Tunggang (10k), Onta Tunggang (10k), Taring atau Transportasi Keliling (5k-20k), Gelar Satwa Terampil (harganya udah satu paket dengan tiket masuk), dan Terapi Ikan (25k). semua itu ada di dalam area kebun binatang. Jadi, jangan kuatir dan jangan merasa kaku mentang-mentang di kebun binatang, liatnya mesti binatang semua.

Salah satu wahana transportasi keliling di GL Zoo, namanya Taring
Si elang ini pas kita liatin, ternyata lagi makan lele...
Binatang-binatang yang ada di dalam kebun binatang ini juga keadaannya terawat dengan baik. Mulai dari hewan karnivor buas, aves, reptile, ikan dan amphibi, semuanya beraneka jenis dan dimasukkan dalam kandang-kandang sesuai dengan habitatnya di alam. Pengelola kebun binatang tentunya ingin memanjakan binatang-binatang di kebunnya agar merasa betah dan nyaman tinggal di sana, tempat  yang sebenarnya bukan seharusnya mereka tempati. Tapi, inilah yang paling tepat sebagai langkah konservasi binatang-binatang langka di Indonesia karena keadaan lingkungan alam liarnya yang semakin tidak memungkinkan untuk mereka hidup. Jadi, mending dan lebih baik mereka berada di tempat ini dengan penanganan petugas-petugas yang ahli dan telaten merawat mereka.

Peaaaaaace....
Sekali lagi, special thanks to my beloved deary yang mmm…selalu ngajakin ke tempat-tempat yang keren, meskipun tadinya gue mikir nggak begitu. Banyak pengalaman yang luar biasa dan baru pertama gue dapet di kota kecil ini. Satu pelajaran yang gue dapet, jangan underestimate dengan tempat asing dan belum pernah lo kunjungin, karena bisa aja satu tempat yang lo underestimate-in itu bakal jadi tempat yang paling lo suka seumur hidup. Dan sekalinya lo underestimate sama suatu tempat dan seumur hidup lo belum ngunjungin tempat itu, itu bisa jadi karang besar yang bakal menghalangi lo menuju tempat-tempat menarik di balik karang itu.  

So, Let’s travel while you can! Actually, with your beloved partner. Agentventure meeeen…..

1 comment: