Monday, May 7, 2012

Berani Ambil Resiko?

Berani ambil resiko | Sumber gambar: charlesngo.com
Tidak ada inovasi tanpa resiko menyertainya. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk mengawali perubahan di diri kita, dan gue sih khususnya. Kita bisa saja memberikan suatu ide dan gagasan yang berbeda dan baru, tapi disitu kita juga belum tentu bisa diterima dengan senang hati. Di sanalah resiko muncul ketika ide atau gagasan yang kita sampaikan atau berikan ternyata tidak bekerja, setidaknya tidak berjalan dengan baik, bahkan gagal sama sekali.

Akantetapi, kalo kita gak berani untuk mengambil resiko semua itu, inovasi-inovasi yang ada di pikiran kita will just remain an idea dong. Pastinya sayang banget kan? Apalagi kalo ternyata di suatu saat kita pernah ngerasain atau ngalamin bahwa ide seseorang yang diaplikasikan ternyata kita juga udah memikirkannya. Nah, apa gak rugi bandar kalo padahal sebelumnya pun kita udah punya ide itu cuma gak berani buat mengungkapkannya? Pikir-pikir lagi deh kalo mau cupu sekarang.

Kemudian yang gak kalah pentingnya adalah kenali jenis resiko yang mungkin terjadi dari ide, gagasan, atau inovasi yang mau kita terapkan. Ini penting dong, daya analisis kita juga harus dipake dalam hal ini. Jangan berpikir gak bisa dulu sebelum mencoba. Sederhananya dalam menganalisis resiko yang mungkin terjadi itu ibarat kita mencoba untuk memahami diri sendiri aja. Itu susah tapi kalo kita mau, pasti bisa. Nah gitu aja mikirnya gak usah yang ribet-ribet gitu lah.

Ketika kita udah bisa mengira-ngira apa yang mungkin terjadi (resiko terburuk) kalo kita mengambil kebijakan ini dalam hidup kita, tentunya kita akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Tapi tujuannya bukan itu, lebih kepada bagaimana kita mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan ide, gagasan atau inovasi kita sehingga bisa menghasilkan hal yang luar biasa.

Jangan pernah takut untuk mengambil resiko!

No comments:

Post a Comment