Thursday, September 4, 2014

Mengejar Sunrise Pantai Sanur

Berpose sambil menikmati sunris Pantai Sanur
Hari kedua di Bali kami gagal untuk berburu sunrise. Semua gara-gara kesalahan teknis yang apa-mau-dikata-lagi kalo sudah soal akomodasi. Sebenernya di hotel kami ada fasilitas sepeda yang bisa dipake free sama tamu yang menginap di situ tapi berhubung penyakit malas sudah terlalu akut, alhasil ya enggak deh, hehehe. Kamipun memutuskan untuk berburu sunrise keesokan harinya. Kebetulan malam itu ciwul nginep di rumah “boleh dibilang saudara sih ya”-nya di daerah Teuku Umar sana, sekitar 30 menit dari tempat kami menginap. Malemnya kita udah janjian besok pagi aku jemput jam lima pagi biar bisa dapet momen-momen sunrise yang keren di Sanur.

Keesokan harinya, aku sudah terbangun dari pukul empat pagi, nunggu sambil bengong, terus siap-siap berangkat jemput pacar di rumah tantenya. Pukul 4.30 aku pamit sama resepsionis buat caw mau berburu sunrise di Pantai Sanur. “Mau ke Sanur, mas. Paling nanti dari Sanur balik dulu ke hotel buat sarapan sebelum lanjut jalan-jalan lagi,” aku bilang ke mas resepsionis, Bagus namanya. Setelah itu, segera ambil helm dan cusgo keluar melawan dinginnya Bali pagi itu, cukup dingin sih. Bali sedang dingin akhir-akhir ini kalo pagi katanya, meskipun kalo siang jangan tanya, panasnya luar biasa menyengat.

Sampai di depan rumah tantenya ciwul, aku liat jam tangan menunjukkan pukul 4.56. “Wah masih kepagian,” pikirku. Kemudian aku telpon hape ciwul, nggak ada respon. Telpon lagi, masih nggak ada respon. Tiga kali, empat kali, lima kali dan seterusnya…masih nggak ada respon. “Wah ketiduran, belum bangun nih si pacar,” mulai curiga. Terus aku telpon lagi dan kali ini bukannya nggak ada respon malah mbak operator bilang,”the number you are calling is not active or out of coverage are, please try again later.” Waduduh baru inget kalo semalem kan henpon doi emang udah lowbat dan nggak bawa charger terus katanya nggak enak mau pinjem charger. Terus gimana?

Akhirnya aku cuma bengong di depan pagar, sambil berdoa semoga aja Allah bangunin siapa aja yang di rumah (om atau tante) terus bisa bangunin ciwul.  Sampai pukul 5.30 ternyata belum ada tanda-tanda kehidupan juga yang bukain pintu pagar. Sudah hampir hopeless rasanya ketika akhirnya si om jalan ke arah pagar terus bukain gemboknya, pukul 5.50. “Sudah dari tadi mas?” “Lumayan om, dari jam lima tadi.” “Oalah, nggak nelpon mbak desi?” “Udah si om tapi henponnya mati kayaknya soalnya semalem baterenya udah mau habis juga.” “Oalah, yaudah sini masuk…”

Terus aku masuk, dan ternyata tante udah bangun dari tadi cuma nggak berani bangunin ciwul karena bingung juga. Yah sudahlah, yang penting udah nyampe dan ketemu ciwul lagi meskipun doi keliatan buru-buru banget bangunnya karena kesiangan (pukpuk..nggak apa kok sayang). Kesel sih, tapi seperti biasa, mana bisa aku kesel lama-lama sama kamu. Akhirnya kami beranjak dari rumah tantenya ciwul ini, bingung mau tetep ke Sanur atau pulang aja soalnya udah rada kesiangan juga, pukul 6.00. Setelah mikir lama sambil jalan (eh naik motor ding..), akhirnya kita mutusin tetep menuju ke arah Pantai Sanur, ya minimal dapet sisa-sisa momen sunrise-nya deh.

Begitulah, selanjutnya aku navigate si waze ke arah Pantai Sanur. Dua puluh menit kemudian, taraaaaa….sampailah di area parkir Pantai Sanur. Sudah banyak tuh motor dan mobil yang parkir di sana, ya namanya juga kesiangan. Sedikit mengintip ke horizon di ujung laut lepas sana, sepertinya si matahari belum nongol deh, baru semburat-semburat cahayanya aja yang keliatan. Alhamdulillah, Allah emang sayang sama kita yaa, masih ngasih kita kesempatan buat menikmati salah satu dari milyaran pesona-Nya ke kita di tempat seindah ini.

Masih tetep foto-foto
Menikmati sunrise di gazebo Pantai Sanur
Dari sini aku dapat pelajaran soal mengambil keputusan, bahwa jangan pernah mengambil keputusan di kala emosi tengah memuncak, ya emosi apapun itu. Ditambah lagi, kalo kita bersyukur, Tuhan pasti bakal ngasih yang lebih ke kita. Jadi, jangan sombong, apalagi kufur nikmat. Kalo menghitung nikmat pagi itu, tentunya banyak banget, mulai dari bangun pagi, masih hidup, napas lancar, diberi kesehatan, bisa ngomong, bisa pamit ke resepsionis yang jangan salah itu juga termasuk silaturahmi. Terus, selamat di jalan meskipun dingin, sampai tujuan tepat waktu sesuai rencana, bisa ketemu keluarga tante-om di Bali, dan yang pasti ketemu ciwul lagi. Aku tahu dia pasti ngerasa bersalah saat itu, tapi nggak apa lah. Senyummu lebih berharga sayang…

Nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?
Dan nikmat Tuhan yang luar biasa epic ini adalah bisa menyaksikan secara live dengan mata kepala sendiri ditemenin orang tersayang sebuah fenomena alam yang menakjubkan dimana di situ terjadi sebuah pergantian waktu antara malam ke siang, matahari terbit. Bagi sebagian orang mungkin fenomena ini sesuatu yang biasa saja, tapi tidak untuk orang-orang seperti kami. Kami sangat menikmati momen-momen ketika sang surya mulai merangkak naik dari peraduannya, pelan..pelan..pelan..terus mulai mempercepat lajunya menjelang melewati batas horizon. Subhanallah, itu luar biasa…


Terimakasih Tuhan, terimakasih Pantai Sanur, terimakasih partner kesayanganku. Tetep tersenyum yaa…

3 comments:

  1. hahahah gila sumpah ngerasa bersalah banget sampe bulu ketek merinding -__- *plak

    ReplyDelete
  2. hahahah dasar kamu ih, yang merinding bulu keteknya doang... :p

    ReplyDelete
  3. Bali memang memilki banyak wisata menarik, cocok untuk travelling bareng sahabat dan keluarga dan pasangan.

    ReplyDelete