Tuesday, September 2, 2014

Bali Bird Park: The Ultimate Bird Park in Indonesia

Pintu masuk Bali Bird Park
Hari kedua di Bali rencana awal kita adalah berburu matahari terbit di Pantai Sanur yang mainstream itu tapi berhubung akomodasi baru bisa dateng jam delapanan, ya dari pagi cuma leyeh-leyeh aja di penginapan sambil ngemil sarapan bareng bule-bule yang juga nginep di situ. Penginapan kami namanya Sugiras Living di daerah Banjar Suwung, nanti bakal aku ceritain tersendiri deh tentang penginapan ini.

Hari semakin siang, dan setelah motor dateng, kami sudah mandi terus siap-siap, langsung deh cusgo ke destinasi kedua hari itu, Bali Bird Park. Awalnya sih karena penasaran aja sama taman burung yang ada di Bali ini, seperti apa kondisinya dan bagaimana koleksi aves yang ada di sana. Dengan mengandalkan aplikasi waze dari gadget, ampuh banget deh buat nemuin lokasi tujuan dengan tepat bahkan ngasih rekomendasi jalan-jalan sempit alternative yang jadi rute tercepat menuju lokasi. Ampuh banget si waze jadi partner Agentventure kami di part ini…

Tak banyak jadinya yang bisa kita kasih info soal rute menuju Bali Bird Park ini dari penginapan kami yang jelas ke arah utara lewat Renon menuju ke Gianyar, tepatnya di Jalan Cok Ngurah Gambir Singapadu, Sukawati, Batubulan. Tak banyak kesulitan juga buat kami menuju ke lokasi ini karena naik motor, kalo macet lebih fleksibel dan si waze juga bakal mengalihkan ke jalur yang nggak macet.

Sampai di Bali Bird Park memang hari sudah cukup siang sekitar pukul 10.00 WITA dan kami berfoto sejenak di depan pintu gerbang Bali Bird Park yang keren itu. Selanjutnya ke loket untuk membeli tiket masuk seharga Rp101.000/orang, agak kaget sih dengan harga tiket tesebut karena pas nyari referensi harga tiket sekitar Rp80.000/orang. Apa mungkin karena weekend jadi harga naik, atau memang harga tiketnya sudah naik? Entahlah, belum sempat kami tanyakan…

Lupakan soal harga tiket, kamipun masuk dan yang pertama terlihat di sebelah kanan ada semacan taman reptil gitu, di dekatnya adalah Bali Starling Restaurant dan toko souvenir. Di sebelah kiri saat pertama kali masuk ada satu bangunan yang di dalamnya banyak box yang berisi bayi-bayi burung, sepertinya itu adalah ruang penetasan sekaligus inkubator buat baby-baby burung yang baru menetas.

Beranjak lebih ke dalam area Bird Park adalah tempat dimana kita bisa berpose bersama burung-burung koleksi Bali Bird Park. Beberapa turis terlihat tengah berpose dengan burung-burung di tangan dan pundaknya. Kamipun tak menyiakan kesempatan dong buat ikut berpose bareng burung-burung lucu itu. Yeay, kesampaian dong foto bareng burung-burung Bali Bird Park. Oiya, nanti hasil foto ini bisa diambil di toko souvenir di depan loh.

Berpose bareng burung-burung cantik...
Sekedar info nih, Bali Bird Park menempati lahan seluas lebih kurang dua hektar yang dihuni sekitar 1000 burung dari 250 jenis berbeda. Tak hanya itu, Bali Bird Park juga menyajikan keanekaragaman hayati berupa lebih kurang 2000 jenis tanaman tropis. Rame ya? Pastinya…

Bali Bird Park ini juga dibagi menjadi semacam beberapa cluster gitu, seperti Borneo untuk burung-burung yang berasal dari pulau borneo, ada juga cluster Sumatera, Papua, Africa dan banyak lagi sesuai dengan asal jenis burung yang menjadi koleksi di taman ini.

Cantik banget kan?
Kami sempetin berfoto-foto di beberapa sudut taman burung dong, nggak mau rugi ceritanya. Berkeliling area taman, ternyata cukup melelahkan juga dan pastinya urusan perut bisa berabe tapi jangan khawatir karena di dalam area taman burung ini ada resto yang menamai dirinya “Bali Starling Restaurant”. Kami mencoba dua food menu dan dua beverages menu untuk melepas haus dan lapar. Kami memesan nasi campur bali dan nasi goreng tom yum, milkshake strawberry dan honey dew melon. Srupuuuuut kriuk kriuk krenyessss rasanya seger banget deh makan ditemenin pacar di tempat asri dan dipadu dengan alunan suara-suara burung disana-sini. Apalagi, sepagian itu ngelihat kamu senyum, ketawa-ketawa, seneng banget deh pokoknya. Nggak pengen segera berakhir hari itu. Jatuh cinta terus rasanya…

Kelar makan, kita ambil hasil foto bareng burung-burung tadi di toko souvenir. Begitu masuk toko, langsung disambut sama pelayannya,”mari mau lihat foto?” “Iya mbak”, dan kamipun melihat-lihat foto tadi yang lumayan banyak juga ternyata hasilnya. Setelah memilih-milih, satu terpilih dengan ornament gambar-gambar khas Bali Bird Park gitu deh. “Yang ini aja deh mbak,” aku bilang ke mbaknya. “Oh iya, yang itu ya, tunggu 2 menit dan harganya Rp140.000.” Wow! Lumayan mahal juga ya, tapi buat kenang-kenangan sih nggak apa deh sekali-kali. Hasilnya juga not bad lah.


Selesai itu, kami bergegas ke tempat parkir, ngambil motor dan nyari penjaga parkir kok nggak ada. Kemudian nanya deh sama security di sana,”Pak, ini parkirnya bayar?” “Oh, enggak mas langsung aja.” Wah ternyata parkir gratis loh, jadi lumayan juga mengurangi anggaran jalan-jalan khusus bayar parkir, hehehe. 
Dan paling seneng karena bisa dia senyum kayak gini...

No comments:

Post a Comment