Monday, June 4, 2012

The Power of Post-It


Contoh Post-it notes, sumber: www.officekitten.co.uk

Tahu Post-It kan? Itu loh kertas-kertas kecil yang (umumnya sih) warnanya kuning, ada juga warna-warna lain, yang di salah satu sisinya ada bagian lengket yang bisa ditempel di manapun. Sekarang mau diapain nih Post-It itu? Sekarang saya pengen share pengalaman aja tentang Post-It satu ini.
Kenapa saya kasih judul artikel ini The power of “Post-It”? Itu berkaitan dengan teknik pengembangan ide dalam diskusi yang pernah saya lakukan yang (bener-bener) manfaatin Post-It ini. Kami menggunakan Post-It sebagai media untuk menyampaikan ide-ide baru mengenai topic yang kami diskusikan. Kelompok kecil diskusi kami ini membahas mengenai “Bagaimana untuk menciptakan strategi pengembangan media massa yang berbasis pada pembaca di era IT”.
Kemudian kelompok kami diberi satu pak Post-It dan diberi waktu 15 menit untuk menuliskan ide, solusi dan berbagai aspek yang mungkin dilakukan sesuai dengan topic tadi itu. Setelah 15 menit berlalu, ketua kelompok menyuruh masing-masing member untuk menempelkan Post-It yang sudah terisi tadi ke whiteboard yang disediakan. Selesai semua ini, kelompok kami mereview catatan-catatan yang tertempel itu dan mengelompokkannya sesuai temanya, misal; ide-ide yang berkaitan dengan perangkat IT, atau sumber daya manusia dan sebagainya.
Logo Post-it
Apa yang kami lihat selanjutnya? Duplikasi ide mungkin saja terjadi kan. Nah ini mengindikasikan bahwa idea tau solusi yang demikian (kemungkinan besar) bisa relevan dengan topik diskusi kami. Akhirnya, kami bisa menemukan langkah strategis yang baru berdasarkan diskusi yang kami lakukan yang menggunakan metode yang menurut kami juga baru sih. Hehe. Unik, tapi bisa membuktikan bahwa dalam menyelesaikan suatu masalah bisa juga dengan cara yang fun. That’s it!

No comments:

Post a Comment