Sunday, March 18, 2012

Minggu Pagi di Rotunda

Rotunda UI Depok (18/3)

Rotunda UI, Depok di minggu pagi selalu memberikan warna tersendiri bagi banyak warga Jakarta, Depok dan sekitarnya. Bukan saja menjadi tempat rekreasi melepas penat dari rutinitas weekdays, tetapi juga untuk menjalin relasi dan temu kangen dengan sohib-sohib, temen lama, mantan, gebetan, kecengan, dan sejenisnya. Hehe.

Area UI Depok memang menjadi salah satu tempat favorit di akhir pekan untuk berekreasi. Selain Rotunda, ada juga area sekitar Danau Kenanga (Balairung dan Perpustakaan UI baru), stadion UI, dan tidak ketinggalan area hutan UI bagi yang ingin memacu adrenalin untuk bersepeda menelusurinya.

Minggu ini (18/3), gue juga menyempatkan diri buat ngeceng ke Rotunda. Sebenernya sih karena ajakan temen, kebetulan hari Minggu itu ada rutinitas dari paguyuban untuk bermain kasti di lapangan Rotunda tersebut. Alhasil, gue setuju karena udah beberapa minggu gak olahraga, itung-itung ngelemesin badan dan otot.

Ada yang lagi ngamen
Sampe di Rotunda, suasana yang redup-redup gimanaaa gitu, dan ternyata sudah cukup rame di jam tersebut orang-orang (keluarga, ada yang sama pasangannya, ada yang jomblo kesepian, ada juga yang niatnya cuci mata, ada juga anak alay dengan ciri khas kealayannya, dan anak gaul yang bawa DSLR gak ketinggalan) melakukan berbagai aktivitas di pagi hari untuk berolahraga. Jam di hape menunjukkan pukul 7.30 WIB dan temen-temen belum pada dateng.

Tiga puluh menit menunggu, akhirnya temen-temen pada dateng juga. Nah, kita main kasti akhirnya ditengah keramaian lapangan Rotunda. Niatnya sih mau sapu bersih dulu tuh, biar orang-orang pada kabur dan kita bisa main dengan leluasa, tapi gak enak juga lah, nanti dikira lapangan punya siapa.

Becanda dan bingung jadi satu
Setengah permainan, eh ada ribut-ribut dari satpam PLK UI yang teriak-teriak via speaker di atas mobil patroli, "Perhatian untuk yang berjualan di sekitar UI, ini kampus untuk pendidikan bukan untuk jualan. Yang merasa manusia, silakan jangan berjualan disini. Dan jangan bermain bola di lapangan upacara!". Nah, bingung kan kita yang lagi main bola kasti ini yang notabene di lapangan upacara yang dimaksud. Akhirnya kita berhenti dulu lah nenangin diri.

Dipikir-pikir, patroli satpam PLK ini aneh juga sih, emang mereka gaktau kalo emang tiap minggu area kampus ya buat kegiatan kayak ginian. Kenapa harus dilarang-larang? Kenapa pake acara teriak-teriak gitu? Atas dasar apa PAK? Ini kampus rakyat, dan sudah semestinya rakyat juga bisa menikmati apa yang menjadi haknya. Mungkin di weekdays, emang tertutup untuk kegiatan olahraga macam ini, tapi di akhir pekan memang jadi kesempatan buat rakyat memenuhi haknya. Mungkin yang perlu ditertibkan orang-orang yang jualan itu aja, dan kalo bisa pun jangan dengan kata-kata kasar, mereka jualan juga untuk kebutuhan hidup. Memang, ada satu hal yang mengganjal pikiran gue, ada mahasiswa yang jualan dan pake jaket almamater. Kenapa harus pake almamater coba? Biasa aja kali. Malu kalo pake kaos oblong biasa? Malu dikira asongan?

Siap nampol
Penjual layangan
Mahasiswa yang jualan itu kan biasanya emang karena tuntutan dari kepanitiaan atau organisasi untuk mencari Danus (dana dan usaha). Seharusnya sih gak perlu pake almamater juga, kesannya kok almamater UI jadi gak ada wibawanya ya? (emang gak ada sih). Tapi seeeeenggaknya, hargailah almamater sendiri.

Balik ke acara kasti, ya akhirnya kita lanjut lagi. Tim gue menang dengan poin 21-17. Cukup menarik cerita di Rotunda minggu ini.


Rotunda, UI Depok, 18 Maret 2012

No comments:

Post a Comment