Tuesday, February 21, 2012

Persiapan Skripsi, So What?

Masih setengah-setengah rasanya gue kuliah semester ini. Berangkat masih telat mulu (kalo yang ini mungkin dari sononya), kalo pagi rasanya pengen aja tidur terus, di kampus pun masih males-malesan. Minggu lalu aja gue baru masuk 1 kelas doang dari total 7 kelas yang gue ambil semester ini. So, pertemuan pertama yang jadi first impression dengan dosen-dosen dan mata kuliah gue semester ini gak dapet sama sekali, dalam artian gagal caper nih. Haha.

Sampai akhirnya tadi, hari kedua di minggu ini yang bisa dibilang hari Selasa tanggal 21-2-12 (maksudnya 20 Februari 2012) pukul 13.13 tepat saat dosen Metodologi Penelitian Dasar Ilmu Informasi masuk dan akhirnya memberikan semacam warning buat penghuni kelas itu yang notabene angkatan 2009 semua (plus 3 makhluk dari angkatan 2008 yang ikutan masuk tan[a gue tahu alasannya apa). Sebut saja namanya Bu Ike, dosen metolit gue dari semester lalu ini. Beliau tipe dosen yang cukup disiplin tapi bukan itu inti yang mau gue bicarakan.

Jadi, hari ini beliau memberikan materi (kalau bisa dibilang begitu) tentang isu, topik, dan masalah penelitian yang nantinya akan menjadi dasar penyusunan skripsi. Dan! hari ini juga seluruh penghuni kelas harus bikin 'tiga macam' itu. Secara, gue agak bingung tadinya harus milih isu, topik dan masalah apa, begitu juga temen gue yang lain deh kayaknya. Sampai akhirnya gue kepikiran tentang 'kerjaan' gue semester lalu di mata kuliah yang sama tapi beda grade ini. Gue menyampaikan isu gue yaitu tentang sistem temu kembali informasi dan setelah penjelasan beliau berikutnya ternyata gue dapet koreksi bahwa isu yang gue angkat itu terbalik dengan topik yang seharusnya yaitu manajemen perpustakaan. Yah, akhirnya dapetkan itu isu dan topik. Penghuni kelas yang lain akhirnya paham juga tentang 'dua hal' ini dan berhasil menentukan isu dan topik mereka masing-masing.

Masalah muncul lagi dan bertepatan dengan penentuan masalah penelitian pula. Kompleks abis ya, gak nyangka gue kalo skripsi itu bakal serumit ini, (kalo dibikin rumit). Dari penghuni kelas pertama yang ditanya oleh Bu Ike, Azmi, ternyata dia belum begitu paham tentang masalah penelitian sampai harus dapet pemahaman yang berulang-ulang dari bu ike. Berjalan dan bergulir, giliran pun sampai pada temen ketiga di sebelah kiri bangku gue, sebut saja namanya Tejo. Dia mengungkapkan tentang masalah penelitian yang akan diangkat. Agak terbata tapi ternyata mendapat 'sambutan hangat' dari Bu Ike, walopun ya masih dapet koreksi dikit tentang penjabaran masalahnya. Angin segar nih, gue juga harus bisa memutar otak. Sebenernya gue udah cukup lama memikirkan topik dan masalah yang mau gue angkat di skripsi nantinya tapi selalu masalah penyampaian dan pengutaraan yang susah.

Di akhir, tidak begitu mengecewakan akhirnya gue bisa menentukan masalah penelitian dengan 'biasa aja' sih kalo kata gue, yaitu pengolahan koleksi video program berita di stasiun tv x mulai dari proses pengndeksan, pengatalogan sampai pada tahap penelusuran dalam rangka ketepatan dan kecepatan akses temu kembalinya. Ya, itu, dengan niat baik, bismillah semoga gue konsisten dengan isu, topik dan masalah penelitian tersebut. So, semoga skripsi gue besok bisa lancar, minimal mata kuliah ini bisa berjalan dengan semestinya dengan hasil yang maksimal.

Skripsi? So what, guys? Kita pasti bisa.
Buat JIP 2009, semangat ya. Kita semua satu angkatan harus lulus tepat waktu. Amin.

Depok, 21 Februari 2012

2 comments:

  1. like this! salam kenal mahasiswa ilmu perpustakaan ui ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga, iya...kamu mahasiswa ilmu perpustakaan juga?

      Delete