Monday, February 27, 2012

Buat Pengalaman Aja,

Gue sedikit mau cerita nih tentang pengalaman beberapa hari yang lalu di salah PTN di Jakarta. Tentang seorang sosok yang katanya terpelajar dan dia bilang sih 'dosen'. Kebetulan gue sedang terikat dalam suatu program kerjasama dengan beliau. Tendernya sih satu bulan.

Awalnya berjalan dengan semestinya, terlihat biasa aja dan gak ada hambata berarti selain tentu saja molornya tahap 'start' proyek tersebut. Sempet dua kali mundur dengan alasan karena ruangan belum jadi. Kebetulan proyek ini terkait dengan set-up perpustakaan atau lebih tepatnya sih laboratorium program studi di PTN tersebut.

Setelah berjalan satu minggu, masalah muncul. Malem gue dapet sms dari rekan kerja kalo ada masalah dari tempat proyek. Si 'dosen' tadi komplain masalah jam kerja kita. Emang di minggu pertama kita kerja di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Dan itu yang jadi awal komplainnya dia. Tadinya sih gue juga bingung,  secara udah biasa sih ngerjain proyek ya di hari-hari itu karena weekdays kita kuliah. Nah, si dosen ini marah-marah nelpon rekan kerja gue bilang tim gue gak profesional, bahwa kerja itu ya harusnya di jam kerja (re: senin-jumat), dan kalo dia itu harus ngeluarin duit seratusribu per hari pas kita masuk di hari Sabtu-Minggu nya, secara diitung lembur, dan dia pun harus dimarahin ini-itu di TU untuk dapet izin kampus dibuka pada hari libur segala macem gitu deh.

Diem. Gue mikirnya, loh bukannya kemarin pas hari jumat si dosen ini bilang iya-iya aja pas kita mau masuk di hari sabtu-minggu. Seenggaknya dia gak ngasih wejangan apapun terkait masalah di atas. Dia welcome banget pas kita mau masuk di hari itu. Pastinya, kita satu tim bingung juga kenapa bisa gitu. Akhirnya siangnya, tim gue ngumpul ngomongin masalah ini dan ngambil kesimpulan buat positive thingking aja, mungkin si dosen lagi capek (dia baru dari Riau katanya pas nelpon kemarin) jadi moodnya  lagi gak bagus. Kita nyantai aja dulu nyampe hari kerja kita dateng di hari Jumat.

Gue telat dateng di Jumat itu, karena (gak sengaja) dapet masalah juga di perpus pusat terkait peminjaman buku. Finally, gue dateng di tempat kerja udah menunjukkan pukul 14.30WIB. Tim gue udah sibuk dengan laptopnya masing-masing yang ternyata udah dateng dari pagi. Please, im so sorry my beloved team. Oke, ini gak masalah karena gue sebelumnya juga udah ngabarin.

Nyalain PC, XAMPP start, buka browser dan langsung masuk di bookmarks kerjaan gue yang kemarin. Tugas gue hari ini mau ngatur template biar disesuaikan dengan keinginan klien. Akhirnya semua selesai dan kita bergegas pulang. Di tangga menuju lantai 1 (tempat kerja gue di lantai 4), gue tau semua dengan clear masalahnya.

Si dosen ini ternyata baru naik, kita berempat turun dan menyapa beliau. Gue dengan polosnya ngajak dia salaman dan ekspresi wajahnya ketus abis, gak ada ramah-ramahnya. Setelah itu mulailah dia nyerocos segala hal yang terkesan menyalahkan seratus persen pada tim gue. Cara ngomong dan gaya bicaranya sama sekali gue gak liat sebagai orang terpelajar, asal ngena, asal mojokin, muka sewot, nggak menghargai lawan bicara, kalo gue bilang (temen gue juga) sih kayak anak kecil.

Deal-nya, tim gue yang ngalah dan sebagai profesional gue sih bilang sama temen yang lain, ini jadi pengalaman buat kita, seenggaknya buat ngadepin orang-orang macem itu. Kita gak boleh kepancing emosi, hadepin dengan bijak, toh dia yang lebih tua dan lebih 'terpelajar' katanya, harusnya sih lebih ngerti.

Semangat 8Libry,

Depok-Rawamangun, 27 Februari 2012

No comments:

Post a Comment