Wednesday, May 9, 2018

Magic! Pernikahan a la Harry Potter dan Narnia: Desi & Ambar


Pernah terbayang kalau Harry Potter dan Narnia disatukan dalam satu konsep pernikahan? Tentu unik dan sangat menyihir kan?

Itulah yang terjadi di pernikahan Desi dan Ambar yang mengusung dua kisah fiksi tersebut sebagai tema utama. Setiap detail di pernikahan itu membuat siapapun yang menyaksikan terkesan apalagi bagi pencinta kedua kisah tersebut dan itu sungguh memorable bagi sang pengantin.

Persiapan menuju akad nikah

Sahabat jadi Cinta

Desi dan Ambar adalah bukti nyata dari idiom ‘sahabat jadi cinta’. Berawal dari perkenalan tak disengaja via Twitter, kemudian menjadi sahabat di dunia maya, dan kisah itupun dimulai. Meskipun sama-sama bukan cinta pertama, mereka berhasil mempertahankan lima tahun masa pacaran dan berlanjut hingga sukses terlaksana pesta pernikahan impiannya dengan tema ala Harry Potter dan Narnia.

Momen akad nikah yang mengharukan

“Waktu menikah nanti, pokoknya aku mau pake pakaian penyihir dengan tema pernikahan ala Harry Potter. Semoga yang jadi suamiku kelak mau ya…”
Begitu isi twit Desi lima tahun lalu yang ternyata terus tertanam di benaknya hingga terkonsep menjadi pernikahan impian kelak. Ambar dan Desi memang sama-sama pecinta Harry Potter yang dalam komunitasnya disebut Harry Potter Fans (HPF). Kecintaan mereka pada cerita penyihir inilah yang mempertemukan mereka hingga akhirnya terjalin kisah long distance relationship antara Desi yang berdomisili di Jogja dan Ambar di Jakarta. Kisah dua penyihir dimabuk asmara ini terus berlanjut.

Bersama bridesmaid dan groomsmen

Prepare for the Magical Wedding

Waktu persiapan pernikahan sembari dimanfaatkan untuk saling mendekatkan bersama orang-orang terkasih. Sepuluh bulan sepertinya waktu yang cukup panjang untuk persiapan pernikahan. Namun bagi Desi dan Ambar yang terkendala jarak, waktu tersebut terasa cukup singkat karena momen pertemuan untuk berdiskusi seputar persiapan pernikahan cukup terbatas. 

“Manajemen waktu sangat penting buat kami demi mewujudkan setiap detail pernikahan yang sesuai impian”, ungkap Desi. Meski dibantu dengan wedding organizer, tetapi sebagian besar dipersiapkan sendiri dengan bantuan keluarga dan sahabat, mulai dari hunting venue, attire, hunting vendor hingga mendesain moodboard dekorasi pun dilakukan sendiri. 

“Meskipun kami terbatas jarak, bersyukur sekali sahabat-sahabatku selalu membantu jika aku perlu bantuan bertemu vendor-vendor dan Mas Ambar pun sangat kooperatif jika diajak berdiskusi meskipun hanya via dunia maya. Apalagi untuk mewujudkan wedding dream dengan perpaduan Harry Potter dan Narnia tentu banyak detail yang harus dipersiapkan”, Desi menjelaskan.

Today is the Day


Tema Harry Potter sangat dominan di pernikahan Desi dan Ambar ini. Mulai dari kostum saat prewedding yang mengambil tema ‘Against the Dark Arts’ dengan perpaduan jubah gaib Slytherin (Slytherin robe) dan warna dark green khas Slytherin House, salah satu dari empat asrama di sekolah sihir Hogwarts. Selain itu, pemilihan spot photo session di Hutan Pinus Imogiri memperkuat suasana dark misty yang selaras dengan tema.

Prewedding session

Menuju ke acara pernikahan, tema Harry Potter banyak terlihat mulai dari dekorasi hingga detail-detailnya mulai dari undangan, e-invitation, buku tamu, aksesoris, dekorasi akad, photobooth hingga prosesi kirab ala raise your wand di film Harry Potter dengan dibantu para bridesmaid dan groomsmen yang seketika berperan sebagai wizard and witches super keren.

Desain undangan (atas), guestbook (tengah),
dan photobooth frame (bawah)

“Momen ini memorable banget, pas kirab pengantin masuk diiringi keluarga dan disambut bridesmaid dan groomsmen dengan tongkat sihir terangkat. Magically awesome!” Ungkap Desi ketika ditanya terkait proses kirab a la 'tongkat sihir pora' ini.

Kirab ala 'raise your wand' Harry Potter

Unsur Narnia di pernikahan ini terlihat di kostum resepsi. Ambar menggunakan desain kostum King Peter (Narnia) dikombinasi dengan Sword of Gryffindor (Harry Potter) dan wedding dress Desi menggunakan desain kostum Queen Susan (Narnia) yang dipadukan dengan Ravenclaw's Diadem (Harry Potter). 

Bride and Groom's attire detail

“Semua desain tersebut kami tentukan sendiri, mulai dari berburu bahan hingga menntukan penjahit yang tepat. Aku cukup rewel terkait kostum resepsi ini soalnya wedding dress ini adalah mimpiku sejak dulu.”

“Salah satu tantangan menikah tematik kisah fiksi dari film seperti ini adalah memadukan keinginan kami dan kehendak orang tua dalam berbagai hal detail seperti kostum dan dekorasi.” 

Detail pernik dekorasi

Keinginan orang tua dengan latar belakang Jawa tentunya masih menginginkan ada unsur tradisional di konsep pernikahan ini. Alhasil disini di pernikahan ini, pakaian untuk orang tua tetap menggunakan beskap dan kebaya yang masih tetap selaras dengan tema warna utama. 


Sementara itu, bersyukur sekali karena dengan ciamiknya vendor dekorasi mampu mewujudkan tema rustic yang sederhana tapi dengan berbagai detail tematik Harry Potter mulai dari kursi akad dengan tag quote kayu ala Severus Snape, dekorasi pintu masuk dengan detail peron ¾ (King Cross Station), pelaminan rustic dengan logo Hogwarts, photobooth yang terinspirasi dari Deathly Hallows symbol dan detail lainnya.

e-Invitation dengan desain Daily Prophet,
majalah di dunia sihir Harry Potter
Top vendors recommended!
Rockologist“Mas Arsy dan timnya sukses membuat kami terkesan dengan wedding ring yang sangat artsy berwarna hitam yang elegan dipadukan blue jewelry. Sangat tepat dengan tema pernikahan kami. Meskipun di awal sempat keliru di warna jewelry-nya, tapi respon Rockologist sangat cepat dan cincin kami jadi tepat waktu.”
Tunas Remaja Decoration“Saat kami menentukan untuk mengambil tema Harry Potter, kami sempat bingung mencari vendor dekorasi yang dapat mewujudkan mimpi ini. Dengan budget terbatas, pilihan vendor harus selektif agar hasilnya tidak mengecewakan. Akhirnya bertemulah kami dengan tim Tunas Remaja Decoration dengan membawa moodboard dekorasi yang sudah dibuat sesuai tema Harry Potter. Tak perlu lama, mereka langsung meng-iya-kan ide kami dan budget yang kami tentukan. Dengan berbagai diskusi terkait detail, hasilnya di hari H saat kami masuk area venue, tadaaa…magically awesome!
Nusantara Catering“Menurut kami makanan ini cukup sensitif di acara pernikahan, jadi nggak boleh sembarangan menentukan vendornya. Dibantu keluarga yang sudah berpengalaman. setelah screening beberapa vendor catering via brosur, kami pun menentukan pilihan kepada Nusantara Catering. Bu Rita dan timnya sangat sigap merespon permintaan kami dan di hari H terbukti dengan testimoni dari para tamu yang menyampaikan bahwa makanannya enak semua.”
Tips untuk bride to be
"Hal penting yang perlu dipersiapkan di awal untuk mewujudkan pernikahan impian adalah menyusun wedding plan mulai dari konsep, budgeting, daftar vendor yang potensial dan sebagainya. Saya selalu yakin dengan persiapan yang matang, momen pernikahan impian akan terwujud dan mengesankan seumur hidup. Yakinlah kalo tidak ada yang tidak bisa dan hasil akhir tidak akan mengkhianati usaha."
"Jika vendor sudah terpilih, percayakan konsep pernikahan impian yang sudah kita rencanakan sesuai profesionalitas tiap vendor. Komunikasikan dengan baik hal-hal detail yang diperlukan agar semua berjalan sesuai dengan rencana. Selalu update juga perkembangan persiapan yang telah dilakukan agar semua terorganisir dengan baik. Yakinlah kalo tidak ada yang tidak bisa selama ada niat baik dan semangat. Terakhir, ikhlaskan semua hasil yang sudah terjadi meskipun tidak selalu sesuai rencana."
Dearest vendors
Venue: Auditorium UPN Veteran Yogyakarta | Wedding Organizer: Benji | Decoration: Tunas Remaja Decoration | Photography & Videography: Aletha.co | Bride’s Attire: Inaz Couture | Batik: Batik Store | Wedding Ring: Rockologist | Catering: Nusantara Catering | Make Up Artist: Indah Nurita | Hair Do: Pandan Nindya | Henna: Badar Henna | Seserahan : Bingkisan Kita | Hand Bouquet: Hanabira | Invitation: Noponiki | Master of Ceremony: Denta Aditya 

After all this time? Always.


Tags: harry potter; narnia; pernikahan tema harry potter; harry potter wedding theme; tongkat pora; pernikahan ala harry potter; pernikahan ala narnia; narnia wedding theme

7 comments: