Thursday, December 12, 2013

It's a Good Day to Have a Good Day

Have a nice day... 
Pagi ini aku banyak berpikir, nggak seperti biasanya. Biasanya mikir sih tapi nggak segitunya. Kali ini tentang bagaimana sebenernya kita memulai hari dengan bener biar bisa seperti yang biasa kita sampaikan ke orang lain “have a nice day ya..” atau “have a great day..”. Yah, biar nggak sekedar ucapan maka harus ada triknya kan ya atau langkah yang harus dilakuin biar minimal hari kita bisa berjalan lancar dan “it’s a beautiful day, ever..”

Hari yang cerah bukan ditandai dengan matahari yang bersinar terang atau udara yang sejuk, melainkan dari hati dan pikiran yang segar. Kecerahan suatu hari dimulai dari dirimu sendiri. Kita tahu bahwa sesuatu yang dimulai dengan baik merupakan separuh dari pencapaian tujuan. Karena itu, memulai aktivitas hari ini dengan kecerahan suasana adalah modal besar untuk menyelesaikan hari dengan baik pula. Bagaimana memulai hari dengan cerah sangat dipengaruhi oleh pola hidup kita. Berikut beberapa tips ringan yang semoga bisa membantu buat memulai hari-hari kita dengan cerah.

1. Mulailah dari malam hari.
Kita tak bisa berharap bangun dengan segar jika di malam harinya tak cukup tidur nyenyak. Hari esok yang cerah dimulai dari malam ini. Bila kamu masih mempunyai masalah, yakinlah masih ada waktu esok untuk menyelesaikannya lebih baik lagi. Malam ini, beristirahatlah sebaik-baiknya.

2. Bangun pagi lebih pagi.
Bangunlah lebih pagi daripada terbitnya matahari. Jumpai keheningan dan kesunyian. Pagi buta adalah saat yang tepat untuk menemukan sisi damai dalam dirimu.

3. Damaikan pikiran dan tentramkan jiwa
Jangan terburu melakukan aktivitas. Resapi saja suasana pagi yang damai ini. Bila kamu bisa, lakukan meditasi (atau sok-sokan meditasi tepatnya..) atau apa pun istilahnya barang beberapa menit. Sampaikan syukur atas hidup yang masih diberikan pada kita. Temukan koneksi anda dengan semesta. Berjanjilah, kamuakan melakukan sesuatu yang berguna hari ini.

4. Segarkan tubuh.
Minum air. Hirup aroma teh atau kopi yang menyegarkan. Berjalan-jalanlah ke luar. Pompa udara banyak-banyak ke dalam paru-paru. Lakukan olahraga ringan, Mandi dengan air segar. Bersihkan tubuh baik- baik. Nikmati semua ini, dan jangan terburu-buru. Berpakaianlah dengan baik. Sirami tubuh anda dengan wewangian yang anda sukai. Tetaplah mengingat janji anda tadi pagi untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi semesta hari ini.

5. Sarapan secukupnya.
Isi perutmu secukupnya. Sarapan yang baik adalah modal untuk kebugaran tubuhmu sepanjang hari. Jangan asal kenyang, namun cukupkan kebutuhan energi dan gizi.

6. Dengarkan musik yang kamu sukai.
Cerahkan suasana rumah dengan musik yang digemari. Tak usah repot- repot dengan berita tv dan koran. Anda tak sepenuhnya bertanggung jawanb atas semua masalah yang terjadi di luar sana. Hidup akan berjalan sebagaimana adanya.

7. Sapalah orang-orang yang kamu jumpai.
Terbarkan senyum. Tak peduli apakah matahari bersinar cerah atau mendung menggayut, sapalah orang-orang yang kamu jumpai (bukan SKSD juga kali ya..). Tanyakan kabar mereka, maka jangan terkejut jika mereka pun akan membalas senyummu.

8. Bergeraklah lebih cepat.
Bergerak cepat sama sekali beda dengan terburu-buru. Bergerak lebih cepat baik untuk menggairahkan emosi anda. Bukankah emotion berasal dari kata motion, yang berarti gerak?

9. Jangan mengeluh, terimalah semua keadaan apa adanya.
Apa pun yang terjadi, entah itu hari hujan, jalanan macet, kereta datang terlambat, kendaraan mogok, atau apa pun yang terjadi, terimalah semua itu apa adanya. Jangan nilai semua itu dengan kacamata kamu suka atau tidak, tetapi terimalah. Maka kamu akan menemukan kecerahan dalam dirimu sendiri.

It’s a good day to have a good day…

No comments:

Post a Comment